Jenis – Jenis Kulit – Indonesian Premium Leather Artisan

Jenis – Jenis Kulit

Tentang Produk Berbahan Dasar Kulit
July 29, 2019
Cara Merawat Tas Kulit
July 31, 2019
Jenis-jenis kulit untuk kerajinan? Apakah kalian tahu tentang jenis-jenis kulit yang biasa digunakan untuk pembuatan suatu produk kerajinan?. Baiklah untuk yang belum mengetahui, kita akan membahas semuanya disini:

Produk atau kerajinan yang terbuat dari bahan kulit memang banyak digemari masyarakat. Mulai dari dompet, jaket, tas, sepatu, ikat pinggang dan lainnya. Pada jaman dulu, kulit binatang memang sudah banyak digunakan untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin. Kita akan lihat jenis kulit apa saja yang biasanya digunakan oleh pengrajin.

1. Nappa
Kulit jenis ini adalah kulit yang terbuat dari kulit domba muda dan kulit kerbau muda. Nappa berarti lembut artinya kulit jenis ini memiliki kelembutan yang lebih tinggi dibandingkan kulit jenis lainnya. Biasanya warna kulit ini adalah krem kecoklatan. Keunggulan dari kulit ini adalah lebih mengkilap dibandingakan jenis kulit lainnya. Namun dibalik kelembutan Nappa, ternyata kulit jenis ini lebih mudah retak dan pecah. Apalagi saat pewarnaan menggunakan warna yang tidak bagus. Kulit jenis ini jarang sekali digunakan sebagai bahan baku utama sepatu safety, yaitu sepatu yang digunakan untuk melindungi kaki secara sempurna.

2. Crazy Horse
Crazy horse merupakan jenis kulit yang bertekstur natural dan mempunyai kesan vintage dan motif bervariatif. Yang membedakan jenis kulit ini adanya pengaplikasian wax pada permukaan kulit yang telah dihaluskan. Dengan adanya wax, akan memperkuat serat kulit yang berubah warna dan kembali seketika setelah tergores. Namun jika jenis kulit crazy horse tergores, dapat dihilangkan kembali dengan mengosok kulit crazy horse pada tangan kita. Ciri-ciri crazy horse adalah sebagai berikut:
  • Teksturnya lembut dan halus
  • Ketika kita menyentuh, kita akan merasa permukaan yang elastis
  • Baunya terkesan kuat dan khas
  • Warna permukaan kulit terlihat tidak merata
  • Jika menyentuh bagian belakang kulit terasa agak berbulu
  • Pori-pori kulit terasa tidak merata namun bisa dengan jelas kita lihat
  • Kulit ini gampang tergores, namun mudah juga untuk menghilangkan
  • Jenis ini sangat mirip dengan jenis pull up
  • Jika kulit dibakar maka akan aromanya seperti rambut yang dibakar, sedangkan abunya akan pecah menjadi bubuk
  • Jika kita melipatnya sekitar 90° maka akan terlihat garis lekukan yang alami
  • Kulit crazy horse di finishing menggunakan lilin yang diproses melalui suhu tinggi

  • 3. Crazy Horse Pigmen
    Jenis kulit ini adalah turunan dari kulit crazy horse diatas. Hanya saja ada perbedaan yang ada pada penambahan pada pigment kulit agar daya tahannya lebih lama. Kemudian lapisan yang biasanya digunakan adalah lapisan polimer yang mengandung pigment. Ketika proses akhir maka semua lapisan kulit akan diberikan lapisan bening. Jenis kulit ini mempunyai tekstur lembut dan lebih tahan lama. Jenis kulit ini juga banyak digunakan untuk membuat kerajinan sepatu, tas, dompet dan kerajinan lainnya. Dengan ditambahkannya lapisan bening pada permukaan kulit, membuat kerajinan ini menjadi lebih menarik dan dengan tekstur yang terlihat jelas.

    4. Pull Up
    Jenis kulit ini memang pailng banyak digunakan untuk produksi di pasaran. Jika melihat produk dengan kulit yang berwarna-warni hampir dapat di[astikan bahwa jenis kulit yang digunakan yaitu pull up. Kulit pull up ini sangat lentur dan banyak digunakan untuk memproduksi sepatu. Warna jenis kulit ini agak sedikit memudar dan memiliki keunikan tersendiri seperti kesan vintage pada sepatu yang dihasilkan. Ada beberapa ciri-ciri pull up:
  • Tekstur kulit yang lembut. Karena jenis kulit ini mempunyai fleksibilitas yang tinggi.
  • Mengalami efek patina, yaitu dimana kulit asli mengalami perubahan warna, namu perubahan itu terkesan dinamis dan membuat warna lebih indah.
  • Kulit ini akan mudah tergores bahkan dengan kuku sekalipun, namu juga mudah untuk menghilangkannya yaitu dengan mengusapkan tangan kit apada kulit jenis ini.

  • Ternyata jenis-jenis kulit juga ada banyak ya. Sebenarnya masih ada jenis-jenis kulit yan digunakan untuk kerajinan. Tapi mungkin dari banyaknya jenis-jenis kulit, itu saja yang dapat kami informasikan.
    oleh: Mina Anjel Liana

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *