Tentang Produk Berbahan Dasar Kulit – Indonesian Premium Leather Artisan

Tentang Produk Berbahan Dasar Kulit

Jenis – Jenis Kulit
July 30, 2019
Mengenal berbagai macam bahan untuk membuat produk kulit.

Bahan kulit yang paling umum digunakan adalah kulit sapi. kulit sapi biasanya dibuat berbagai macam produk seperti : tas, sepatu, dompet, ikat pinggang. Saat ini para kaum wanita banyak menyukai produk-produk yang terbuat dari bahan kulit. Sehingga sekarang banyak pengrajin kulit modern yang menjual berbagai macam produk-produk dari bahan dasar kulit.

Ada berbagai macam jenis kulit sehingga kualitasnyapun beragam ada yang kurang bagus dan ada yang bagus. Tentu saja semakin bagus kualitas kulit maka semakin mahal juga harganya. Tak jarang banyak pengrajin menggunakan kulit yang kurang berkualitas demi mengejar harga yang murah agar para konsumen dapat lebih mudah dalam menjangkau harganya.

Ciri ciri dari kulit sapi ada tiga macam yaitupull up leather, nubuck leather, suede leather. Pull up leather ini menggunakan bahan kimia dalam proses penyamakan, berbeda dengan nabati, hasilnya jauh lebih lentur dan lemas. Walau sudah diberi warna, namun dipermukaan kulitnya masih terlihat jelas tekstur kulit yang menjadi ciri khas ketika sudah menjadi barang konsumsi, sehingga bahan ini masih menjadi favorit bagi pengrajin dan konsumen. Nubuck leather adalah jenis kulit dengan tekstur permukaannya berserabut. Serabut dari kulit ini dihasilkan dari proses amplas yang dilakukan ke bagian permukaan kulit. Jenis kulit ini untuk tekstur kelenturan dan ketebalan hampir mempunyai nilai yang sama seperti pull up. Suede leather adalah jenis kulit yang hampir sama dengan kulit nubuck, sama sama memiliki serabut.
Cara merawat tas kulit

Karena harga produk-produk yang terbuat dari bahan kulit cukup mahal bagi sebagian orang, tentu beberapa orang juga berpikiran bahwa barang yang mahal tidak membutuhkan perawatan. Itu adalah pemikiran yang salah besar. Oleh karena itu kita harus tau cara merawat produk-produk dari kulit tersebut dibawah ini akan dijelaskan beberapa tipsnya:

Untuk menjaga agar tas atau sepatu tetap lembab, anda dapat mengoleskan beberapa bahan alami seperti baking soda atau cuka . jika kalian rutin melakukan hal tersebut maka produk dari kulit anda akan tahan lama. Hindari paparan sinar matahari secara langsung dalam waktu yang cukup lama dan jauhkan dari air. Sinar matahari dan air dapat menyebabkan lapisan kulit yang yang paling luar pada produk akan dapat cepat mengelupas. semoga bermanfaat untuk anda.
oleh: Aviantika Rismala

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *